BAB. I
PENDAHULUAN
A. DESKRIPSI
Bahan ajar ini berjudul “Memperbaiki/Reparasi Radio” berisi materi dan informasi tentang sistem pesawat penerima dengan sistem Amplitudo Modulasi (AM) dan Frekuensi Modulasi (FM), Mengamati gejala kerusakan, Mengalokasi kerusakan, Melakukan analisa hasil pengukuran, Melakukan perbaikan/reparasi, Menguji hasil perbaikan/reparasi, Membuat laporan perbaikan. Materi diuraikan dengan pendekatan praktis disertai dengan ilustrasi yang cukup agar siswa mudah memahami materi yang disampaikan.
Setiap akhir materi disampaikan rangkuman yang memuat intisari materi dilanjutkan test formatif. Setiap siswa harus mengerjakan test tersebut sebagai indikator penguasaan materi, jawaban test kemudian diklarifikasikan dengan kunci jawaban. Guna melatih keterampilan dan sikap kerja yang benar, setiap siswa dapat berlatih dengan pedoman lembar kerja yang ada.
Diakhir modul terdapat evaluasi sebagai uji kompetensi siswa. Uji kompetensi dilakukan secara teoritik dan praktik. Uji teoritis dilakukan siswa dengan menjawab pertanyaan yang ada pada soal evaluasi, sedangkan uji praktik dengan meminta siswa mendemontrasikan kompetensi yang harus dimiliki dan guru/instruktur menilai berdasarkan lembar observasi yang ada. Melalui evaluasi tersebut dapat diketahui apakah siswa mempunyai kompetensi memperbaiki/ reparasi radio dengan sub kompetensi:
1. Mempersiapkan pekerjaan perbaikan/reparasi
2. Mengamati gejala kerusakan
3. Mengalokasi kerusakan
4. Melakukan analisa hasil pengukuran
5. Melakukan perbaikan/reparasi
6. Menguji hasil perbaikan/reparasi
7. Membuat laporan perbaikan.
B. TUJUAN AKHIR
Dari kriteria unjuk kerja ketrampilan kognitip maupun dengan imajinasi psikomotorik seperti unit kompetensi maka peserta diklat diharapkan:
1. Dapat menjelaskan prinsip kerja Pesawat Penerima Radio
a. Pesawat Penerima sistem AM/Band MW
b. Pesawat Penerima sistem FM
c. Menyiapkan instrumen/alat ukur keperluan perbaikan.
2. Dapat melakukan teknik mencari gejala kerusakan
a. Pada Tombol power
b. Tombol Pengatur Volume
c. Tombol Pencari Gelombang
3. Trampil Mengalokasi kerusakan
a. Kerusakan pada komponen
b. Masalah koneksitas pada PCB atau kabel
c. Masalah pada bagian mekanik.
4. Melakukan analisa hasil pengukuran
a. Mengacu pada skema rangkaian
b. Berdasarkan diagnosa jenis kerusakan.
5. Trampil Melakukan Perbaikan /reparasi
6. Trampil Menguji hasil perbaikan/reparasi
7. Membuat laporan perbaikan.
BAB. II
PEMBELAJARAN
A. RENCANA BELAJAR SISWA
Rencana belajar siswa diisi oleh siswa dan disetujui oleh guru. Rencana belajar tersebut adalah sebagai berikut:
NAMA SISWA : ……………………………………….
TINGKAT/KELAS : ……………………………………….
No. Jenis Kegiatan Tanggal Waktu Tempat Belajar Paraf Guru
1. - Memahami prinsip kerja Pesawat Radio AM/Band MW
- Memahami prinsip kerja Pesawat Radio FM
- Menyiapkan alat ukur untuk perbaikan/reparasi.
2. - Memahami teknik mencari gejala kerusakan.
3. - Mengalokasi kerusakan
4. - Melakukan analisa hasil pengukuran
5. - Melakukan Perbaikan /reparasi
6. - Menguji hasil perbaikan/reparasi
7. - Membuat Laporan
B. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan Belajar 1: Persiapan Pekerjaan Perbaikan/Reparasi
Pada kegiatan belajar 1 ini membahas materi pembelajaran peserta diklat dipersiapkan untuk memahami dan mengerti prinrip-prinsip dasar pesawat penerima AM/band MW, pesawat penerima FM dan menyiapkan alat ukur keperluan perbaikan/reparasi.
a. Tujuan Kegiatan Pembelajaran
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar 1, peserta diklat diharapkan:
1) Memahami dan mengerti prinrip-prinsip dasar pesawat penerima AM/band MW.
2) Memahami dan mengerti prinrip-prinsip dasar pesawat penerima FM
3) Menjelaskan diagram blok pesawat penerima AM/band MW dan FM
4) Menyiapkan instrumen/alat ukur keperluan perbaikan.
b. Uraian Materi
1) DASAR-DASAR PESAWAT PENERIMA AM/BAND MW
Semua sistem komunikasi, baik itu dari radio,televise,maupun yang lainnya terdiri atas dua bagian dasar:pesawat pemancar dan pesawat penerima. Pesawat pemancar berfungsi membangkitkan dan meradiasikan suatu informasi melalui suatu gelombang elektromagnetik.Kecepatan gelombang elektromagnetik sama dengan kecepatan cahaya yaitu sebesar 300.000 km/detik dan dinamakan gelombang pembawa (carrier wave) informasi. Pesawat penerima menangkap salah satu gelombang radio yang spesifik dari sejumlah gelombang yang ada di udara pada saat itu dan mengolahnya menjadi suatu informasi yang dapat dimengerti.
Jenis pesawat penerima yang pertama kali ditemukan dikenal dengan sebutan radio kristal. Penerima jenis ini hanya mampu menerima satu stasiun pemancar dan dayanya pun sangat lemah. Pesawat penerima radio, mulai berkembang setelah diketemukan tabung hampa (vacum tube) yang selanjutnya dibuat pesawat penerima yang disebut radio langsung (straight receiver). Straight Receiver ini mempunyai keuntungan dapat ditala pada beberapa stasiun pemancar, hanya masih mempunyai kelemahan yaitu harus mempunyai beberapa rangkaian penguat dan penala sesuai dengan frekuensi stasiun yang ditala, demikian pula sistem pendeteksiannya.
Suatu sistem pesawat penerima yang dikembangkan, yaitu pesawat penerima super heterodyne, dapat dipergunakan baik dalam sistem penerima radio maupun televisi.
Pesawat penerima super heterodyne prinsip bekerjanya sebagai berikut:
a) Informasi bersama gelombang pembawanya (RF) yang datang pada antena, diseleksi oleh rangkaian penala sampai didapat suatu sinyal RF tertentu yang kemudian dicampur (dikonversikan) dengan satu sinyal RF yang berasal dari osilator yang ada pada pesawat penerima sendiri.
b) Pencampuran kedua sinyal RF tersebut akan menghasilkan suatu sinyal selisih dari kedua sinyal tersebut, yang biasanya disebut sinyal frekuensi menengah (IF).
c) Pada sistem penerima radio AM besar frekuensi menengah (IF) umumnya 455 kHz.
d) Oleh karena frekuensi osilator local bervariasi pada waktu rangkaian penala divariasikan, maka selisih frekuensinya akan konstan sebesar frekuensi menengah tersebut. Pencampuran ini mempunyai keuntungan sebagai berikut:
(1) Kekerasan hasil penguatan mempunyai harga yang lebih tinggi karena IF mempunyai frekuensi yang lebih rendah dari RF.
(2) Amplifier IF dapat dirancang untuk suatu frekuensi yang spesifik, misalnya 455 kHz untuk setiap penerima radio AM.
(3) Hanya ada dua penala yaitu rangkaian penala RF dan osilator local. Sistem super heterodyne mempunyai kelemahan, yaitu adanya efek frekuensi bayangan. Walaupun IF sudah merupakan frekuensi selisih
dari RF dari osilator local, namun jumlah kedua frekuensi pun muncul pula.
Sistem penerima super heterodyne dapat digambarkan dengan blok diagram sebagai berikut:
Antena
Gambar 1. Diagram Blok Pesawat Penerima AM
Pesawat penerima radio yang dipelajari sekarang adalah suatu penerima dengan sistem amplitudo modulasi (AM) yang mempunyai daerah frekuensi 520 kHz – 1630 kHz (577 – 184 meter) yang disebut daerah gelombang menengah (medium wave band = MW).
Penalaan untuk mendapatkan frekuensi pada daerah MW dilaksanakan oleh kerja sama antena, RF amplifier, dan osilator lokal. Hasil dari penalaan diberikan ke IF amplifier yang pada alat praktik merupakan bagian terpisah dari penala. Untuk lebih memahami prinsip kerja radio super heterodyne, coba perhatikan diagram blok radio super heterodyne pada gambar blok diagram penerima super heterodyne. Kemudian setelah memahi secara blok diagram, pelajari dengan teliti fungsi setiap bagian, seperti gambar 2 rangkaian Penala dibawah ini:
Sinyal radio masuk melalui antena dan masuk ke blok mixer+oscilator. Oscilator berfungsi membangkitkan sinyal dengan frekuensi 455 kHz lebih tinggi dari pada frekuensi sinyal yang masuk melalui antena.
Gambar 2. Rangkaian Penala
Pencampur (mixer) pada gambar rangkaian disamping menjadi satu dengan sinyal oscilator. Karena sinyal-sinyal itu berbeda 455 kHz, maka akan membentuk suatu sinyal 455 kHz sebagai hasil selisih dari dua sinyal tersebut. Sinyal yang telah diubah
menjadi 455 kHz tersebut (sinyal IF) kemudian diperkuat oleh penguat IF tingkat pertama (IF1) dan penguat IF tingkat kedua (IF2). Dengan demikian, penguat IF itu hanya akan menguatkan sinyal yang berfungsi 455 kHz.
Automatic Gain Control (AGC) berfungsi sebagai pengatur penguatan tegangan (gain) dari penguat IF1 sedemikian rupa, sehingga penguatan ditambah pada sinyal-sinyal masuk yang lemah dikurangi pada sinyal-sinyal masuk yang kuat. Dengan demikian, akan didapatkan suatu penguatan yang konstan untuk sinyal yang berbeda-beda intensitasnya.
Gambar 4. Rangkaian Detektor
Rangkaian detektor, digambarkan seperti gambar 4 rangkaian disamping
dengan detektor dioda. Gulungan primer transformator IF (T3) menerima sinyal IF termodulir dari penguat IF terakhir, dan gulungan ini merupakan beban impedansi untuk transistor penguat.
Sinyal IF dalam setiap siklus akan mengalir melalui gulungan sekunder yang selanjutnya sinyal ini diratakan oleh dioda, karena prinsip kerja diode sebagai komponen perata.
Sinyal audio akan diperoleh karena pada rangkaian detector juga dilengkapi kondenstor filter detector nilainya 0.01-0.05 mfd.
Rangkaian audio amplifier pada pesawat ini terdiri atas empat buah penguat (TR D734) sampai dengan TR B698) dan berfungsi memperkuat sinyal informasi hasil dari rangkaian detektor. Kekerasan suara dapat diatur dengan mengubah kedudukan VR 5k yang berfungsi sebagai volume control.
TR C1684 berfungsi sebagai penguat pertama audio amplifier dengan konfigurasi emitter terbumi (common emitter) dan melalui R33k mendapat umpan balik negatif dari output power amplifier. Tujuan umpan balik ini untuk memperlebar band switch sehingga kualitas suara menjadi lebih baik. TR C1684 merupakan penguat tegangan tingkat kedua yang dapat disebut pula sebagai driver amplifier dengan konfigurasi yang sama. Transistor inipun mendapat umpan balik negatif melalui R150k (lihat gambar). Penguatan kedua transistor inipun sudah dirancang sedemikian rupa sehingga mampu mengeluarkan output yang dapat mengemudikan rangkaian power amplifier. Out-put rangkaian penguat audio amplifier ini diteruskan ke loudspeaker yang merupakan beban dari rangkaian. Sinyal informasi melalui pengatur volume maka sinyal informasi ini dapat diatur besar kecilnya suara.
2) SISTEM PESAWAT PENERIMA RADIO FM
BLOK DIAGRAM
Di bawah ini diperlihatkan blok diagram penerima radio FM.
Antena
AGC
Gambar 6. Diagram Blok Pesawat Penerima Radio FM
PENGUAT RF: Penerima AM broadcast dapat bekerja cukup baik sekalipun tanpa RF amplifier. Hal ini sulit dilakukan untuk sistem FM bekerja pada frekuensi yang tinggi. Seperti diketahui sistem FM ada yang bekerja pada 1000 MHz (1GHz). Dengan adanya penguat RF ini maka sistem FM dapat bekerja pada input sinyal yang lebih rendah dari sistem AM atau SSB, sebab istem AM dan sistem SSB tidak atau jarang menggunakan penguat RF karena mereka dapat menekan inherent noise. Dengan kata lain sistem FM dapat bekerja dengan sensitivitas yang lebih tinggi dari sistem AM dan sistem SSB. Sistem FM dapat menerima sinyal 1 µV atau kurang jika dibandingkan dengan sistem AM dan SSB dengan minimum sinyal input 30 uV. Tetapi bila ingin sinyal 1 uV diumpankan langsung ke mixer, inherent noise yang tinggi yang dihasilkan oleh komponen aktif mixer akan merusak sinyal input yang 1 uV tadi. Oleh sebab itu sangat penting untuk menguatkan sinyal 1 µV itu sehingga menjadi 10-20 µV sebelum diberikan ke mixer. Itu sebabnya dibutuhkan RF amplifier pada sistem FM.
Alasan yang ditemukan diatas sangat penting untuk diperhatikan untuk sistem FM yang bekerja diatas 1GHz. Pada frekuensi tersebut, noise internal dari transistor naik ketika gain diturunkan. Noise ini jauh lebih rendah bila digunakan dioda sebagai mixer pasif dibandingkan transistor yang aktif.
Sesungguhnya, penggunaan RF amplifier menurunkan pengaruh frekuensi bayangan dan menurunkan pengaruh efek radiasi lokal osilator ke antena yang mengakibatkan di transmitnya interfrensi.
Gambar 7 disamping salah satu contoh gambar rangkaian RF Amplifier dengan komponen aktif FET.
FET RF AMPLIFIER: Impedansi input yang tinggi dari FET bukanlah dasar digunakannya FET sebagai komponen aktif pada penguat RF sistem FM.
Gambar 7. Penguat RF Amplifier dgn FET
Sebab pada frekuensi yang tinggi, impedansi input FET akan jauh menurun akibat adanya kapasitas junctionnya. Adalah suatu kenyataan bahwa tidak selalu impedansi input merupakan pertimbangan bagi RF amplifier karena untuk frekuensi tinggi impedansi antena hanya beberapa ratus ohm atau cukup rendah.
Keuntungan utama penggunaan FET karena ia memiliki distorsi input dan output yang dinyatakan dalam hukum kuadrat sementara tabung hampa mempunyai hubungan daya 3/2 dan BJT mempunyai faktor eksponensial. Untuk komponen yang bekerja dengan hukum kuadrat memiliki sinyal output dengan frekuensi yang sama dengan input dengan distorsi komponen 2 kali lebih kecil dari frekuensi inputnya, sementara komponen lainnya memiliki distorsi yang justru lebih besar. Juga dengan FET dapat ditekan terjadinya intermodulasi distorsi. Penggunaan MOSFET gate ganda sebagai penguat RF memberikan keuntungan dapat diisolasinya input dari pengaruh tegangan AGC. Juga dengan MOSFET diperoleh keunggulan berupa naiknya daerah dinamis dibandingkan dengan JFET. Dengan kata lain, MOSFET masih bekerja pada hukum kuadrat pada lebar band yang lebih besar dibandingkan dengan JFET.
LIMITTER: Sebuah limitter adalah rangkaian yang mempunyai amplitudo output yang konstant untuk semua input yang melebihi level tertentu. Dalam sistem penerima FM ini dibutuhkan untuk menolak ampiltudo modulasi dan variasi amplitodo yang tidak diingini, yang merupakan noise. Kedua hal itu menyebabkan pengaruh yang tidak diingini pada loudspeaker. Di samping itu, fungsi limitter juga mencakup AGC untuk ketika sinyal input menaik dari nilai atau levelnya dari yang ditetapkan, untuk memberikan input yang konstant pada diskriminator. Secara ideal dapat dinyatakan bahwa diskriminator harus idealnya tidak menanggapi perubahan amplitudo tetapi hanya perubahan frekuensi.
di bawah ini memperlihatkan rangkaian limitter dengan transistor. Ingat bahwa RC membatasi tegangan catu DC ke kolektor. Secepat input menaik, terjadilah pemotongan puncak sinyal akibat terbatasnya tegangan kolektor karena seperti diketahui, output transistor tidak akan dapat melampaui tegangan VCC. Sedangkan rangkaian tangki pada bagian output ditala pada frekuensi tengah dari sinyal untuk meningkatkan selektivitas, dan merubah sinyal input yang belum sinus akibat pemotongan menjadi sinus.
Discriminator: berfungsi memungut kembali informasi dari frekuensi tinggi pembawanya. Discriminator dapat juga disebut detektor pada sistem AM. Dapat juga di definisikan sebagai rangkaian yang merubah variasi frekuensi atau variasi fasa menjadi variasi amplitudo.
Deemphasis: adalah rangkaian yang dipasangkan setelah detektor yang berfungsi mengembalikan frekuensi tinggi dari intelejen frekuensi (informasi) kembali pada level amplitudo yang setara dengan frekuensi rendahnya. Seperti diketahui, untuk menekan noise, pada pemancar dilakukan preemphasis dimana level amplitudo frekuensi tinggi dari intelejen frekuensi dinaikkan.
AGC: (Automatic Gain Control) Seperti telah kita pelajari bahwa pada Pesawat penerima AM kita temui adanya AGC. Kemudian pada FM Receiver yang menggunakan rangkaian limitter dibutuhkan juga rangkaian AGC ini. Radio penerima FM model lama juga dilengkapi dengan AFC (Automatic Frequency Control). Rangkaian ini berfungsi mengontrol kestabilan frekuensi osilator lokal. Ini dibutuhkan karena ketidak stabilan frekuensi lokal osilator menyebabkan penyimpangan penerimaan frekuensi pembawa. Hal itu disebabkan saat itu belum ditemukannya cara untuk membuat LC osilator yang bekerja pada daerah sekitar 100 MHz dengan frekuensi yang cukup stabil dan ekonomis. Mixer, osilator lokal dan penguat IF pada dasarnya sama dengan yang telah didiskusikan pada AM. Hanya harus dicatat bahwa pada sistem FM, frekuensi IF nya adalah 10,7 MHz. Daerah kerja Frekuensi FM sebesar 88 Mhz -108 Mhz.
3) ALAT UKUR/INSTRUMEN KEPERLUAN PERBAIKAN/REPARASI
Instrumen ataupun peralatan ukur yang sangat berperan dalam pekerjaan perbaikan/raparasi dalam semua jenis pesawat elektronika adalah AVO meter, atau sering juga disebut multimeter/multitester.
Peralatan lain yang juga tidak kalah pentingnya didalam pekerjaan perbaikan/reparasi dari segala jenis pesawat elektronika antara lain: obeng, tang, solder, signal generator/signal injektror, oskiloskop dan alat Bantu lainnya. Dengan demikian ada dua jenis peralatan yang diperlukan dalam perbaikan/reparasi pesawat elektronik:
A) Peralatan yang dibutuhkan didalam pekerjaan mekanik.
Di bawah ini akan ditunjukan peralatan yang diperlukan untuk pekerjaan perbaikan/reparasi, disini tidak dijelaskan secara rinci didalam penggunaan alat ukur, karena peserta diklat sudah memperoleh kompetensi EKA-MR. UM. 005 .A.
1. Obeng
Tanpa mempunyai obeng, kita tidak akan bisa mereparasi alat-alat elektronika atau radio dan lain sebagainya, obeng ini mempunyai peranan yang sangat penting didalam pekerjaan perbaikan/reparasi pesawat radio ataupun pesawat elektronik lainnya. Fungsinya ialah untuk membuka sekerup atau memasang sekerup (pekerjaan mekanik).
Agar memudahkan anda dalam pekerjaan/reparasi sebaiknya persiapkan obeng yang berbagai jenis ukuran dan macam-macamnya. Yaitu dengan membeli satu set obeng. Jenis obeng ada yang berujung pipih (-)dan berujung (+) disebut kembang. Gunanya juga disesuaikan keperluan. Jika kita akan membuka atau memasang sekerup kembang hendaknya dipakai obeng (+) kembang. Jika kita memasang sekerup (-) hendaknya dipakai obeng yang berujung pipih saja. Dalam membuka sekerup usahakan jangan sampai sekerup cacat atau rusak. Oleh sebab itu gunakan obeng yang sesuai dan yang masih baik keadaannya.
Pada gambar adalah gambar macam-macam obeng untuk keperluan perbaikan/reparasi dalam menangani pekerjaan mekanik.
2. Obeng pengetrim
Untuk keperluan mengetrim diperlukan obeng yang khusus untuk itu, biasanya pangkalnya terbuat dari plastik dan ujungnya dari pelat. Gambar 11 di bawah adalah salah satu contoh obeng yang dapat digunakan sebagai pengetrim.
3. Tang
Selain dari pada obeng, kita juga butuh bermacam-macam jenis tang. Tang diperlukan dalampekerjaan perbaikan/reparasi pesawat elektronika. Tang ini bentuknya moncong panjang pada pangkalnya.
Fungsi untuk membengkokan kawat atau memegang kaki komponen seperti Resisitor, Transistor dan komponen lainnya.
Tang kombinasi ini ada yang berisolasi dan ada yang tak berisolasi. Fungsinya banyak, bisa untuk memotong melipat/membengkokan dan lain sebagainya.
4. Solder
Solder Merupakan peralatan yang diperlukan untuk melepas dan memasang komponen dari PCB (printed circuit board). Pekerjaan ini diperlukan solder yang sesuai dengan daya panas pemasangan maupun melepas komponen. Solder sangat penting dan harus anda punyai. Dibawah ini salah satu model Solder listrik yang dilengkapi keduduka
Daya panas Solder dapat dipilih dan disesuaikan dengan komponen yang akan disolder. Panas yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen, dan sebaliknya solder yang kurang panas dapat mempengaruhi hasil penyolderan yang sempurna.
B) Peralatan yang digunakan didalam pekerjaan pengukuran.
1. Multimeter
Konfigurasi multimeter dan perangkat-perangkat yang terdapat pada sebuah multimeter Papan Skala: digunakan untuk membaca hasil pengukuran. Pada papan skala terdapat skala-skala; tahanan/resistansi (resistance) dalam satuan Ohm (Ω), tegangan (ACV dan DCV), kuat arus (DCmA), dan skala-skala lainnya.
a) Saklar Jangkauan Ukur: digunakan untuk menentukan posisi kerja multimeter, dan batas ukur (range). Jika digunakan untuk mengukur nilai satuan tahanan (dalam W), saklar ditempatkan pada posisi W, demikian juga jika digunakan untuk mengukur tegangan (ACV-DCV), dan kuat arus (mA-mA). Satu hal yang perlu diingat, dalam mengukur tegangan listrik, posisi saklar harus berada pada batas ukur yang lebih tinggi dari tegangan yang akan diukur. Misal, tegangan yang akan diukur 220 ACV, saklar harus berada pada posisi batas ukur 250 ACV. Demikian juga jika hendak mengukur DCV.
b) Sekrup pengatur posisi jarum (preset): digunakan untuk menera jarum penunjuk pada angka nol (sebelah kiri papan skala)
c) Tombol Pengatur Jarum Pada Posisi Nol (Zero Adjustment): digunakan untuk menera jarum penunjuk pada angka nol sebelum multimeter digunakan untuk mengukur nilai tahanan/resistansi. Dalam praktek, kedua ujung kabel penyidik (probes) dipertemukan, tombol diputar untuk memosisikan jarum pada angka nol.
d) Lubang Kabel Penyidik: tempat untuk menghubungkan kabel penyidik dengan multimeter. Ditandai dengan tanda (+) atau out dan (-) atau common. Pada multimeter yang lebih lengkap terdapat juga lubang untuk mengukur hfe transistor (penguatan arus searah/DCmA oleh transistor berdasarkan fungsi dan jenisnya), dan lubang untuk mengukur kapasitas kapasitor.
e) Batas Ukur (Range) Kuat Arus: biasanya terdiri dari angka-angka; 0,25 – 25 – 500 mA. Untuk batas ukur (range) 0,25, kuat arus yang dapat diukur berkisar dari 0 – 0,25 mA. Untuk batas ukur (range) 25, kuat arus yang dapat diukur berkisar dari 0 – 25 mA. Untuk batas ukur (range) 500, kuat arus yang dapat diukur berkisar dari 0 – 500 mA.
f) Batas Ukur (range) Tegangan (ACV-DCV): terdiri dari angka; 10 – 50 – 250 – 500 – 1000 ACV/DCV. Batas ukur (range) 10, berarti tegangan maksimal yang dapat diukur adalah 10 Volt. Batas ukur (range) 50, berarti tegangan maksimal yang dapat diukur adalah 50 Volt, demikian seterusnya.
g) Batas Ukur (Range) Ohm: terdiri dari angka; x1, x10 dan kilo Ohm (kW). Untuk batas ukur (range) x1, semua hasil pengukuran dapat langsung dibaca pada papan skala (pada satuan W). Untuk batas ukur (range) x10, semua hasil pengukuran dibaca pada papan skala dan dikali dengan 10 (pada satuan W). Untuk batas ukur (range) kilo Ohm (kW), semua hasil pengukuran dapat langsung dibaca pada papan skala (pada satuan kW), Untuk batas ukur (range) x10k (10kW), semua hasil pengukuran dibaca pada papan skala dan dikali dengan 10kW.
2. Oskiloskop
Oskiloskop merupakan salah satu alat yang dominan dalam melakukan prosedur reparasi, terutama untuk jenis–jenis pesawat yang terdiri dari susunan sirkuit dalam bentuk yang kompleks, oskiloskop merupakan suatu alat yang mampu melihat dan menganalisa gejala – gejala listrik. Oskiloskop mempunyai kemampuan dalam hal – hal sebagai berikut:
a) Melihat bentuk tegangan periodik maupun non perodik.
b) Mengukur tegangan dan arus.
c) Mengukur frekuensi.
d) Mengukur beda fasa.
e) Sebagai penggambar x – y.
Dengan oskiloskop tidak hanya besarnya tegangan ataupun arus yang dapat kita ketahui tapi bentuk wujud dari tegangan maupun arus itu dapat dengan jelas. Jadi secara ringkasnya, bentuk gelombang yang keluar dari hasil pengukuran pada suatu titik akan mudah dilihat dengan jelas.
Bila sinyal Audio generator atau RF generator ini digunakan sebagai sinyal input didalam penelusuran terminal input untuk menuju ke output maka pada layar oskiloskop akan terlihat dengan jelas karakteristik respon frekuensi rangkaian yang tengah diamati. Misalnya pada rangkaian frekuensi menengah (IF), rangkaian Audio pada pesawat penerima radio.
3. Signal Injector
Alat ini digunakan untuk melakukan pengetesan terhadap rangkaian–rangkaian transistor (bahkan pada komponen transistornya) untuk mengetahui keadaan komponen tersebut.
Signal injektor ini sebenarnya merupakan osilator audio yang sangat dominan untuk melacak rangkaian – rangkaian transistor
yang rusak. Karena pada rangkaian yang rusak bila diinjeksi dengan alat ini akan memberikan reaksi suara.
Biasanya signal injektor ini digunakan untuk mencari gangguan pada rangkaian–rangkaian audio seperti pesawat radio transistor, tape recorder ataupun pada pesawat televisi pada rangkaian sesudah penguat video.
c. Rangkuman.
1. Pesawat Penerima Radio sistem AM adalah pesawat penerima radio dengan penerimaan gelombang medium wave (MW).Band MW pada sistem AM yang mempunyai daerah frekuensi 520khz-1630kHz dengan panjang gelombang 577 meter–184 meter. Pesawat penerima radio sistem AM atau band MW ini menerima frekuensi sebesar 455 Khz frekuensi ini disebut Intermediate frekuensi (IF).
2. Pesawat Penerima Radio sistem FM adalah pesawat penerima radio dengan frekuensi kerja lebih tinggi dari pesawat penerima AM. Pesawat penerima radio sistem FM ini dengan frekuensi menengah (IF) sebesar 10,7 Mhz. Perbedaan antara Sistem AM dengan Sistem FM antara lain:
a. Pada Sistem FM frekuensi kerja lebih tinggi
b. Membutuhkan limiter dan deempasis
c. Berbeda dalam demodulasi
d. Perbedaan methoda dalam mendapatkan AGC.
3. Alat/instrumen yang dibutuhkan untuk pekerjaan perbaikan/reparasi ada dua bagian yaitu:
1) Alat yang digunakan sebagai pekerjaan mekanik.
2) Alat yang digunakan keperluan pekerjaan pengukuran (elektrik).
d. Tugas
1. Buatlah diagram blok pesawat penerima sistem AM/band MW dengan dilengkapi bentuk sinyal tiap-tiap bagian.
2. Buatlah diagram blok pesawat penerima sistem FM dan dilengkapi bentuk sinyal setiap bagian.
3. Sebutkan alat yang digunakan sebagai pekerjaan mekanik, dan alat ukur /instrumen yang sangat pokok didalam pekerjaan perbaikan/reparasi.
Lembar kerja ini berisi langkah-langkah praktek bagaimana mengetahui gejala kerusakan dengan mengoperasikan tombol kontrol pada pesawat radio Tape Recorder. Jika Anda dapat melakukan langkah-langkah kerja dengan benar, serta mengamati dengan teliti maka Anda akan memiliki kemampuan untuk menyimpulkan jenis-jenis kerusakan dengan bantuan mengopersikan tombol kontrol dari tape recorder.
Satu hal yang perlu diingat, utamakan keselamatan diri Anda dan keselamatan alat. Baca kembali persiapan awal yang ada pada modul ini. Konsultasikan selalu dengan guru apa-apa yang belum Anda fahami dengan benar.
A. Alat dan bahan
1. Pesawat Radio Tape Recorder (mini compo)
2. Buku manual petunjuk penggunaan pesawat elektronika.
B. Langkah kerja
1. Buatlah kelompok belajar (empat orang atau lebih dalam satu kelompok, Kemudian buat diskusi untuk memahami tombol kontrol volume, tombol power, dan tombol pengatur pencari gelombang).
2. Buatlah tabel, Catatlah gejala kerusakan yang terdapat dari setiap tombol kontrol.
3. Buat ringkasan pemahaman setiap jenis kerusakan pada pesawat radio tape recorder.
4. Buat penjelasan singkat terhadap hubungan tombol kontrol terhadap rangkaian yng menjadi bagiannya.
5. Selamat bekerja, semoga berhasil.
C. Kesimpulan
Tulislah kesimpulan dari apa yang telah Anda lakukan berdasar lembar kerja.
D. Saran
Jika dianggap perlu, tulislah saran-saran yang berkaitan dengan pekerjaan yang telah Anda lakukan berdasarkan petunjuk dari lembar kerja.
BAB. I
PENDAHULUAN
A. DESKRIPSI
Bahan ajar ini berjudul “Memperbaiki/Reparasi Radio” berisi materi dan informasi tentang sistem pesawat penerima dengan sistem Amplitudo Modulasi (AM) dan Frekuensi Modulasi (FM), Mengamati gejala kerusakan, Mengalokasi kerusakan, Melakukan analisa hasil pengukuran, Melakukan perbaikan/reparasi, Menguji hasil perbaikan/reparasi, Membuat laporan perbaikan. Materi diuraikan dengan pendekatan praktis disertai dengan ilustrasi yang cukup agar siswa mudah memahami materi yang disampaikan.
Setiap akhir materi disampaikan rangkuman yang memuat intisari materi dilanjutkan test formatif. Setiap siswa harus mengerjakan test tersebut sebagai indikator penguasaan materi, jawaban test kemudian diklarifikasikan dengan kunci jawaban. Guna melatih keterampilan dan sikap kerja yang benar, setiap siswa dapat berlatih dengan pedoman lembar kerja yang ada.
Diakhir modul terdapat evaluasi sebagai uji kompetensi siswa. Uji kompetensi dilakukan secara teoritik dan praktik. Uji teoritis dilakukan siswa dengan menjawab pertanyaan yang ada pada soal evaluasi, sedangkan uji praktik dengan meminta siswa mendemontrasikan kompetensi yang harus dimiliki dan guru/instruktur menilai berdasarkan lembar observasi yang ada. Melalui evaluasi tersebut dapat diketahui apakah siswa mempunyai kompetensi memperbaiki/ reparasi radio dengan sub kompetensi:
1. Mempersiapkan pekerjaan perbaikan/reparasi
2. Mengamati gejala kerusakan
3. Mengalokasi kerusakan
4. Melakukan analisa hasil pengukuran
5. Melakukan perbaikan/reparasi
6. Menguji hasil perbaikan/reparasi
7. Membuat laporan perbaikan.
B. TUJUAN AKHIR
Dari kriteria unjuk kerja ketrampilan kognitip maupun dengan imajinasi psikomotorik seperti unit kompetensi maka peserta diklat diharapkan:
1. Dapat menjelaskan prinsip kerja Pesawat Penerima Radio
a. Pesawat Penerima sistem AM/Band MW
b. Pesawat Penerima sistem FM
c. Menyiapkan instrumen/alat ukur keperluan perbaikan.
2. Dapat melakukan teknik mencari gejala kerusakan
a. Pada Tombol power
b. Tombol Pengatur Volume
c. Tombol Pencari Gelombang
3. Trampil Mengalokasi kerusakan
a. Kerusakan pada komponen
b. Masalah koneksitas pada PCB atau kabel
c. Masalah pada bagian mekanik.
4. Melakukan analisa hasil pengukuran
a. Mengacu pada skema rangkaian
b. Berdasarkan diagnosa jenis kerusakan.
5. Trampil Melakukan Perbaikan /reparasi
6. Trampil Menguji hasil perbaikan/reparasi
7. Membuat laporan perbaikan.
BAB. II
PEMBELAJARAN
A. RENCANA BELAJAR SISWA
Rencana belajar siswa diisi oleh siswa dan disetujui oleh guru. Rencana belajar tersebut adalah sebagai berikut:
NAMA SISWA : ……………………………………….
TINGKAT/KELAS : ……………………………………….
No. Jenis Kegiatan Tanggal Waktu Tempat Belajar Paraf Guru
1. - Memahami prinsip kerja Pesawat Radio AM/Band MW
- Memahami prinsip kerja Pesawat Radio FM
- Menyiapkan alat ukur untuk perbaikan/reparasi.
2. - Memahami teknik mencari gejala kerusakan.
3. - Mengalokasi kerusakan
4. - Melakukan analisa hasil pengukuran
5. - Melakukan Perbaikan /reparasi
6. - Menguji hasil perbaikan/reparasi
7. - Membuat Laporan
B. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan Belajar 1: Persiapan Pekerjaan Perbaikan/Reparasi
Pada kegiatan belajar 1 ini membahas materi pembelajaran peserta diklat dipersiapkan untuk memahami dan mengerti prinrip-prinsip dasar pesawat penerima AM/band MW, pesawat penerima FM dan menyiapkan alat ukur keperluan perbaikan/reparasi.
a. Tujuan Kegiatan Pembelajaran
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar 1, peserta diklat diharapkan:
1) Memahami dan mengerti prinrip-prinsip dasar pesawat penerima AM/band MW.
2) Memahami dan mengerti prinrip-prinsip dasar pesawat penerima FM
3) Menjelaskan diagram blok pesawat penerima AM/band MW dan FM
4) Menyiapkan instrumen/alat ukur keperluan perbaikan.
b. Uraian Materi
1) DASAR-DASAR PESAWAT PENERIMA AM/BAND MW
Semua sistem komunikasi, baik itu dari radio,televise,maupun yang lainnya terdiri atas dua bagian dasar:pesawat pemancar dan pesawat penerima. Pesawat pemancar berfungsi membangkitkan dan meradiasikan suatu informasi melalui suatu gelombang elektromagnetik.Kecepatan gelombang elektromagnetik sama dengan kecepatan cahaya yaitu sebesar 300.000 km/detik dan dinamakan gelombang pembawa (carrier wave) informasi. Pesawat penerima menangkap salah satu gelombang radio yang spesifik dari sejumlah gelombang yang ada di udara pada saat itu dan mengolahnya menjadi suatu informasi yang dapat dimengerti.
Jenis pesawat penerima yang pertama kali ditemukan dikenal dengan sebutan radio kristal. Penerima jenis ini hanya mampu menerima satu stasiun pemancar dan dayanya pun sangat lemah. Pesawat penerima radio, mulai berkembang setelah diketemukan tabung hampa (vacum tube) yang selanjutnya dibuat pesawat penerima yang disebut radio langsung (straight receiver). Straight Receiver ini mempunyai keuntungan dapat ditala pada beberapa stasiun pemancar, hanya masih mempunyai kelemahan yaitu harus mempunyai beberapa rangkaian penguat dan penala sesuai dengan frekuensi stasiun yang ditala, demikian pula sistem pendeteksiannya.
Suatu sistem pesawat penerima yang dikembangkan, yaitu pesawat penerima super heterodyne, dapat dipergunakan baik dalam sistem penerima radio maupun televisi.
Pesawat penerima super heterodyne prinsip bekerjanya sebagai berikut:
a) Informasi bersama gelombang pembawanya (RF) yang datang pada antena, diseleksi oleh rangkaian penala sampai didapat suatu sinyal RF tertentu yang kemudian dicampur (dikonversikan) dengan satu sinyal RF yang berasal dari osilator yang ada pada pesawat penerima sendiri.
b) Pencampuran kedua sinyal RF tersebut akan menghasilkan suatu sinyal selisih dari kedua sinyal tersebut, yang biasanya disebut sinyal frekuensi menengah (IF).
c) Pada sistem penerima radio AM besar frekuensi menengah (IF) umumnya 455 kHz.
d) Oleh karena frekuensi osilator local bervariasi pada waktu rangkaian penala divariasikan, maka selisih frekuensinya akan konstan sebesar frekuensi menengah tersebut. Pencampuran ini mempunyai keuntungan sebagai berikut:
(1) Kekerasan hasil penguatan mempunyai harga yang lebih tinggi karena IF mempunyai frekuensi yang lebih rendah dari RF.
(2) Amplifier IF dapat dirancang untuk suatu frekuensi yang spesifik, misalnya 455 kHz untuk setiap penerima radio AM.
(3) Hanya ada dua penala yaitu rangkaian penala RF dan osilator local. Sistem super heterodyne mempunyai kelemahan, yaitu adanya efek frekuensi bayangan. Walaupun IF sudah merupakan frekuensi selisih
dari RF dari osilator local, namun jumlah kedua frekuensi pun muncul pula.
Sistem penerima super heterodyne dapat digambarkan dengan blok diagram sebagai berikut:
Antena
Gambar 1. Diagram Blok Pesawat Penerima AM
Pesawat penerima radio yang dipelajari sekarang adalah suatu penerima dengan sistem amplitudo modulasi (AM) yang mempunyai daerah frekuensi 520 kHz – 1630 kHz (577 – 184 meter) yang disebut daerah gelombang menengah (medium wave band = MW).
Penalaan untuk mendapatkan frekuensi pada daerah MW dilaksanakan oleh kerja sama antena, RF amplifier, dan osilator lokal. Hasil dari penalaan diberikan ke IF amplifier yang pada alat praktik merupakan bagian terpisah dari penala. Untuk lebih memahami prinsip kerja radio super heterodyne, coba perhatikan diagram blok radio super heterodyne pada gambar blok diagram penerima super heterodyne. Kemudian setelah memahi secara blok diagram, pelajari dengan teliti fungsi setiap bagian, seperti gambar 2 rangkaian Penala dibawah ini:
Sinyal radio masuk melalui antena dan masuk ke blok mixer+oscilator. Oscilator berfungsi membangkitkan sinyal dengan frekuensi 455 kHz lebih tinggi dari pada frekuensi sinyal yang masuk melalui antena.
Gambar 2. Rangkaian Penala
Pencampur (mixer) pada gambar rangkaian disamping menjadi satu dengan sinyal oscilator. Karena sinyal-sinyal itu berbeda 455 kHz, maka akan membentuk suatu sinyal 455 kHz sebagai hasil selisih dari dua sinyal tersebut. Sinyal yang telah diubah
menjadi 455 kHz tersebut (sinyal IF) kemudian diperkuat oleh penguat IF tingkat pertama (IF1) dan penguat IF tingkat kedua (IF2). Dengan demikian, penguat IF itu hanya akan menguatkan sinyal yang berfungsi 455 kHz.
Automatic Gain Control (AGC) berfungsi sebagai pengatur penguatan tegangan (gain) dari penguat IF1 sedemikian rupa, sehingga penguatan ditambah pada sinyal-sinyal masuk yang lemah dikurangi pada sinyal-sinyal masuk yang kuat. Dengan demikian, akan didapatkan suatu penguatan yang konstan untuk sinyal yang berbeda-beda intensitasnya.
Gambar 4. Rangkaian Detektor
Rangkaian detektor, digambarkan seperti gambar 4 rangkaian disamping
dengan detektor dioda. Gulungan primer transformator IF (T3) menerima sinyal IF termodulir dari penguat IF terakhir, dan gulungan ini merupakan beban impedansi untuk transistor penguat.
Sinyal IF dalam setiap siklus akan mengalir melalui gulungan sekunder yang selanjutnya sinyal ini diratakan oleh dioda, karena prinsip kerja diode sebagai komponen perata.
Sinyal audio akan diperoleh karena pada rangkaian detector juga dilengkapi kondenstor filter detector nilainya 0.01-0.05 mfd.
Rangkaian audio amplifier pada pesawat ini terdiri atas empat buah penguat (TR D734) sampai dengan TR B698) dan berfungsi memperkuat sinyal informasi hasil dari rangkaian detektor. Kekerasan suara dapat diatur dengan mengubah kedudukan VR 5k yang berfungsi sebagai volume control.
TR C1684 berfungsi sebagai penguat pertama audio amplifier dengan konfigurasi emitter terbumi (common emitter) dan melalui R33k mendapat umpan balik negatif dari output power amplifier. Tujuan umpan balik ini untuk memperlebar band switch sehingga kualitas suara menjadi lebih baik. TR C1684 merupakan penguat tegangan tingkat kedua yang dapat disebut pula sebagai driver amplifier dengan konfigurasi yang sama. Transistor inipun mendapat umpan balik negatif melalui R150k (lihat gambar). Penguatan kedua transistor inipun sudah dirancang sedemikian rupa sehingga mampu mengeluarkan output yang dapat mengemudikan rangkaian power amplifier. Out-put rangkaian penguat audio amplifier ini diteruskan ke loudspeaker yang merupakan beban dari rangkaian. Sinyal informasi melalui pengatur volume maka sinyal informasi ini dapat diatur besar kecilnya suara.
2) SISTEM PESAWAT PENERIMA RADIO FM
BLOK DIAGRAM
Di bawah ini diperlihatkan blok diagram penerima radio FM.
Antena
AGC
Gambar 6. Diagram Blok Pesawat Penerima Radio FM
PENGUAT RF: Penerima AM broadcast dapat bekerja cukup baik sekalipun tanpa RF amplifier. Hal ini sulit dilakukan untuk sistem FM bekerja pada frekuensi yang tinggi. Seperti diketahui sistem FM ada yang bekerja pada 1000 MHz (1GHz). Dengan adanya penguat RF ini maka sistem FM dapat bekerja pada input sinyal yang lebih rendah dari sistem AM atau SSB, sebab istem AM dan sistem SSB tidak atau jarang menggunakan penguat RF karena mereka dapat menekan inherent noise. Dengan kata lain sistem FM dapat bekerja dengan sensitivitas yang lebih tinggi dari sistem AM dan sistem SSB. Sistem FM dapat menerima sinyal 1 µV atau kurang jika dibandingkan dengan sistem AM dan SSB dengan minimum sinyal input 30 uV. Tetapi bila ingin sinyal 1 uV diumpankan langsung ke mixer, inherent noise yang tinggi yang dihasilkan oleh komponen aktif mixer akan merusak sinyal input yang 1 uV tadi. Oleh sebab itu sangat penting untuk menguatkan sinyal 1 µV itu sehingga menjadi 10-20 µV sebelum diberikan ke mixer. Itu sebabnya dibutuhkan RF amplifier pada sistem FM.
Alasan yang ditemukan diatas sangat penting untuk diperhatikan untuk sistem FM yang bekerja diatas 1GHz. Pada frekuensi tersebut, noise internal dari transistor naik ketika gain diturunkan. Noise ini jauh lebih rendah bila digunakan dioda sebagai mixer pasif dibandingkan transistor yang aktif.
Sesungguhnya, penggunaan RF amplifier menurunkan pengaruh frekuensi bayangan dan menurunkan pengaruh efek radiasi lokal osilator ke antena yang mengakibatkan di transmitnya interfrensi.
Gambar 7 disamping salah satu contoh gambar rangkaian RF Amplifier dengan komponen aktif FET.
FET RF AMPLIFIER: Impedansi input yang tinggi dari FET bukanlah dasar digunakannya FET sebagai komponen aktif pada penguat RF sistem FM.
Gambar 7. Penguat RF Amplifier dgn FET
Sebab pada frekuensi yang tinggi, impedansi input FET akan jauh menurun akibat adanya kapasitas junctionnya. Adalah suatu kenyataan bahwa tidak selalu impedansi input merupakan pertimbangan bagi RF amplifier karena untuk frekuensi tinggi impedansi antena hanya beberapa ratus ohm atau cukup rendah.
Keuntungan utama penggunaan FET karena ia memiliki distorsi input dan output yang dinyatakan dalam hukum kuadrat sementara tabung hampa mempunyai hubungan daya 3/2 dan BJT mempunyai faktor eksponensial. Untuk komponen yang bekerja dengan hukum kuadrat memiliki sinyal output dengan frekuensi yang sama dengan input dengan distorsi komponen 2 kali lebih kecil dari frekuensi inputnya, sementara komponen lainnya memiliki distorsi yang justru lebih besar. Juga dengan FET dapat ditekan terjadinya intermodulasi distorsi. Penggunaan MOSFET gate ganda sebagai penguat RF memberikan keuntungan dapat diisolasinya input dari pengaruh tegangan AGC. Juga dengan MOSFET diperoleh keunggulan berupa naiknya daerah dinamis dibandingkan dengan JFET. Dengan kata lain, MOSFET masih bekerja pada hukum kuadrat pada lebar band yang lebih besar dibandingkan dengan JFET.
LIMITTER: Sebuah limitter adalah rangkaian yang mempunyai amplitudo output yang konstant untuk semua input yang melebihi level tertentu. Dalam sistem penerima FM ini dibutuhkan untuk menolak ampiltudo modulasi dan variasi amplitodo yang tidak diingini, yang merupakan noise. Kedua hal itu menyebabkan pengaruh yang tidak diingini pada loudspeaker. Di samping itu, fungsi limitter juga mencakup AGC untuk ketika sinyal input menaik dari nilai atau levelnya dari yang ditetapkan, untuk memberikan input yang konstant pada diskriminator. Secara ideal dapat dinyatakan bahwa diskriminator harus idealnya tidak menanggapi perubahan amplitudo tetapi hanya perubahan frekuensi.
di bawah ini memperlihatkan rangkaian limitter dengan transistor. Ingat bahwa RC membatasi tegangan catu DC ke kolektor. Secepat input menaik, terjadilah pemotongan puncak sinyal akibat terbatasnya tegangan kolektor karena seperti diketahui, output transistor tidak akan dapat melampaui tegangan VCC. Sedangkan rangkaian tangki pada bagian output ditala pada frekuensi tengah dari sinyal untuk meningkatkan selektivitas, dan merubah sinyal input yang belum sinus akibat pemotongan menjadi sinus.
Discriminator: berfungsi memungut kembali informasi dari frekuensi tinggi pembawanya. Discriminator dapat juga disebut detektor pada sistem AM. Dapat juga di definisikan sebagai rangkaian yang merubah variasi frekuensi atau variasi fasa menjadi variasi amplitudo.
Deemphasis: adalah rangkaian yang dipasangkan setelah detektor yang berfungsi mengembalikan frekuensi tinggi dari intelejen frekuensi (informasi) kembali pada level amplitudo yang setara dengan frekuensi rendahnya. Seperti diketahui, untuk menekan noise, pada pemancar dilakukan preemphasis dimana level amplitudo frekuensi tinggi dari intelejen frekuensi dinaikkan.
AGC: (Automatic Gain Control) Seperti telah kita pelajari bahwa pada Pesawat penerima AM kita temui adanya AGC. Kemudian pada FM Receiver yang menggunakan rangkaian limitter dibutuhkan juga rangkaian AGC ini. Radio penerima FM model lama juga dilengkapi dengan AFC (Automatic Frequency Control). Rangkaian ini berfungsi mengontrol kestabilan frekuensi osilator lokal. Ini dibutuhkan karena ketidak stabilan frekuensi lokal osilator menyebabkan penyimpangan penerimaan frekuensi pembawa. Hal itu disebabkan saat itu belum ditemukannya cara untuk membuat LC osilator yang bekerja pada daerah sekitar 100 MHz dengan frekuensi yang cukup stabil dan ekonomis. Mixer, osilator lokal dan penguat IF pada dasarnya sama dengan yang telah didiskusikan pada AM. Hanya harus dicatat bahwa pada sistem FM, frekuensi IF nya adalah 10,7 MHz. Daerah kerja Frekuensi FM sebesar 88 Mhz -108 Mhz.
3) ALAT UKUR/INSTRUMEN KEPERLUAN PERBAIKAN/REPARASI
Instrumen ataupun peralatan ukur yang sangat berperan dalam pekerjaan perbaikan/raparasi dalam semua jenis pesawat elektronika adalah AVO meter, atau sering juga disebut multimeter/multitester.
Peralatan lain yang juga tidak kalah pentingnya didalam pekerjaan perbaikan/reparasi dari segala jenis pesawat elektronika antara lain: obeng, tang, solder, signal generator/signal injektror, oskiloskop dan alat Bantu lainnya. Dengan demikian ada dua jenis peralatan yang diperlukan dalam perbaikan/reparasi pesawat elektronik:
A) Peralatan yang dibutuhkan didalam pekerjaan mekanik.
Di bawah ini akan ditunjukan peralatan yang diperlukan untuk pekerjaan perbaikan/reparasi, disini tidak dijelaskan secara rinci didalam penggunaan alat ukur, karena peserta diklat sudah memperoleh kompetensi EKA-MR. UM. 005 .A.
1. Obeng
Tanpa mempunyai obeng, kita tidak akan bisa mereparasi alat-alat elektronika atau radio dan lain sebagainya, obeng ini mempunyai peranan yang sangat penting didalam pekerjaan perbaikan/reparasi pesawat radio ataupun pesawat elektronik lainnya. Fungsinya ialah untuk membuka sekerup atau memasang sekerup (pekerjaan mekanik).
Agar memudahkan anda dalam pekerjaan/reparasi sebaiknya persiapkan obeng yang berbagai jenis ukuran dan macam-macamnya. Yaitu dengan membeli satu set obeng. Jenis obeng ada yang berujung pipih (-)dan berujung (+) disebut kembang. Gunanya juga disesuaikan keperluan. Jika kita akan membuka atau memasang sekerup kembang hendaknya dipakai obeng (+) kembang. Jika kita memasang sekerup (-) hendaknya dipakai obeng yang berujung pipih saja. Dalam membuka sekerup usahakan jangan sampai sekerup cacat atau rusak. Oleh sebab itu gunakan obeng yang sesuai dan yang masih baik keadaannya.
Pada gambar adalah gambar macam-macam obeng untuk keperluan perbaikan/reparasi dalam menangani pekerjaan mekanik.
2. Obeng pengetrim
Untuk keperluan mengetrim diperlukan obeng yang khusus untuk itu, biasanya pangkalnya terbuat dari plastik dan ujungnya dari pelat. Gambar 11 di bawah adalah salah satu contoh obeng yang dapat digunakan sebagai pengetrim.
3. Tang
Selain dari pada obeng, kita juga butuh bermacam-macam jenis tang. Tang diperlukan dalampekerjaan perbaikan/reparasi pesawat elektronika. Tang ini bentuknya moncong panjang pada pangkalnya.
Fungsi untuk membengkokan kawat atau memegang kaki komponen seperti Resisitor, Transistor dan komponen lainnya.
Tang kombinasi ini ada yang berisolasi dan ada yang tak berisolasi. Fungsinya banyak, bisa untuk memotong melipat/membengkokan dan lain sebagainya.
4. Solder
Solder Merupakan peralatan yang diperlukan untuk melepas dan memasang komponen dari PCB (printed circuit board). Pekerjaan ini diperlukan solder yang sesuai dengan daya panas pemasangan maupun melepas komponen. Solder sangat penting dan harus anda punyai. Dibawah ini salah satu model Solder listrik yang dilengkapi keduduka
Daya panas Solder dapat dipilih dan disesuaikan dengan komponen yang akan disolder. Panas yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen, dan sebaliknya solder yang kurang panas dapat mempengaruhi hasil penyolderan yang sempurna.
B) Peralatan yang digunakan didalam pekerjaan pengukuran.
1. Multimeter
Konfigurasi multimeter dan perangkat-perangkat yang terdapat pada sebuah multimeter Papan Skala: digunakan untuk membaca hasil pengukuran. Pada papan skala terdapat skala-skala; tahanan/resistansi (resistance) dalam satuan Ohm (Ω), tegangan (ACV dan DCV), kuat arus (DCmA), dan skala-skala lainnya.
a) Saklar Jangkauan Ukur: digunakan untuk menentukan posisi kerja multimeter, dan batas ukur (range). Jika digunakan untuk mengukur nilai satuan tahanan (dalam W), saklar ditempatkan pada posisi W, demikian juga jika digunakan untuk mengukur tegangan (ACV-DCV), dan kuat arus (mA-mA). Satu hal yang perlu diingat, dalam mengukur tegangan listrik, posisi saklar harus berada pada batas ukur yang lebih tinggi dari tegangan yang akan diukur. Misal, tegangan yang akan diukur 220 ACV, saklar harus berada pada posisi batas ukur 250 ACV. Demikian juga jika hendak mengukur DCV.
b) Sekrup pengatur posisi jarum (preset): digunakan untuk menera jarum penunjuk pada angka nol (sebelah kiri papan skala)
c) Tombol Pengatur Jarum Pada Posisi Nol (Zero Adjustment): digunakan untuk menera jarum penunjuk pada angka nol sebelum multimeter digunakan untuk mengukur nilai tahanan/resistansi. Dalam praktek, kedua ujung kabel penyidik (probes) dipertemukan, tombol diputar untuk memosisikan jarum pada angka nol.
d) Lubang Kabel Penyidik: tempat untuk menghubungkan kabel penyidik dengan multimeter. Ditandai dengan tanda (+) atau out dan (-) atau common. Pada multimeter yang lebih lengkap terdapat juga lubang untuk mengukur hfe transistor (penguatan arus searah/DCmA oleh transistor berdasarkan fungsi dan jenisnya), dan lubang untuk mengukur kapasitas kapasitor.
e) Batas Ukur (Range) Kuat Arus: biasanya terdiri dari angka-angka; 0,25 – 25 – 500 mA. Untuk batas ukur (range) 0,25, kuat arus yang dapat diukur berkisar dari 0 – 0,25 mA. Untuk batas ukur (range) 25, kuat arus yang dapat diukur berkisar dari 0 – 25 mA. Untuk batas ukur (range) 500, kuat arus yang dapat diukur berkisar dari 0 – 500 mA.
f) Batas Ukur (range) Tegangan (ACV-DCV): terdiri dari angka; 10 – 50 – 250 – 500 – 1000 ACV/DCV. Batas ukur (range) 10, berarti tegangan maksimal yang dapat diukur adalah 10 Volt. Batas ukur (range) 50, berarti tegangan maksimal yang dapat diukur adalah 50 Volt, demikian seterusnya.
g) Batas Ukur (Range) Ohm: terdiri dari angka; x1, x10 dan kilo Ohm (kW). Untuk batas ukur (range) x1, semua hasil pengukuran dapat langsung dibaca pada papan skala (pada satuan W). Untuk batas ukur (range) x10, semua hasil pengukuran dibaca pada papan skala dan dikali dengan 10 (pada satuan W). Untuk batas ukur (range) kilo Ohm (kW), semua hasil pengukuran dapat langsung dibaca pada papan skala (pada satuan kW), Untuk batas ukur (range) x10k (10kW), semua hasil pengukuran dibaca pada papan skala dan dikali dengan 10kW.
2. Oskiloskop
Oskiloskop merupakan salah satu alat yang dominan dalam melakukan prosedur reparasi, terutama untuk jenis–jenis pesawat yang terdiri dari susunan sirkuit dalam bentuk yang kompleks, oskiloskop merupakan suatu alat yang mampu melihat dan menganalisa gejala – gejala listrik. Oskiloskop mempunyai kemampuan dalam hal – hal sebagai berikut:
a) Melihat bentuk tegangan periodik maupun non perodik.
b) Mengukur tegangan dan arus.
c) Mengukur frekuensi.
d) Mengukur beda fasa.
e) Sebagai penggambar x – y.
Dengan oskiloskop tidak hanya besarnya tegangan ataupun arus yang dapat kita ketahui tapi bentuk wujud dari tegangan maupun arus itu dapat dengan jelas. Jadi secara ringkasnya, bentuk gelombang yang keluar dari hasil pengukuran pada suatu titik akan mudah dilihat dengan jelas.
Bila sinyal Audio generator atau RF generator ini digunakan sebagai sinyal input didalam penelusuran terminal input untuk menuju ke output maka pada layar oskiloskop akan terlihat dengan jelas karakteristik respon frekuensi rangkaian yang tengah diamati. Misalnya pada rangkaian frekuensi menengah (IF), rangkaian Audio pada pesawat penerima radio.
3. Signal Injector
Alat ini digunakan untuk melakukan pengetesan terhadap rangkaian–rangkaian transistor (bahkan pada komponen transistornya) untuk mengetahui keadaan komponen tersebut.
Signal injektor ini sebenarnya merupakan osilator audio yang sangat dominan untuk melacak rangkaian – rangkaian transistor
yang rusak. Karena pada rangkaian yang rusak bila diinjeksi dengan alat ini akan memberikan reaksi suara.
Biasanya signal injektor ini digunakan untuk mencari gangguan pada rangkaian–rangkaian audio seperti pesawat radio transistor, tape recorder ataupun pada pesawat televisi pada rangkaian sesudah penguat video.
c. Rangkuman.
1. Pesawat Penerima Radio sistem AM adalah pesawat penerima radio dengan penerimaan gelombang medium wave (MW).Band MW pada sistem AM yang mempunyai daerah frekuensi 520khz-1630kHz dengan panjang gelombang 577 meter–184 meter. Pesawat penerima radio sistem AM atau band MW ini menerima frekuensi sebesar 455 Khz frekuensi ini disebut Intermediate frekuensi (IF).
2. Pesawat Penerima Radio sistem FM adalah pesawat penerima radio dengan frekuensi kerja lebih tinggi dari pesawat penerima AM. Pesawat penerima radio sistem FM ini dengan frekuensi menengah (IF) sebesar 10,7 Mhz. Perbedaan antara Sistem AM dengan Sistem FM antara lain:
a. Pada Sistem FM frekuensi kerja lebih tinggi
b. Membutuhkan limiter dan deempasis
c. Berbeda dalam demodulasi
d. Perbedaan methoda dalam mendapatkan AGC.
3. Alat/instrumen yang dibutuhkan untuk pekerjaan perbaikan/reparasi ada dua bagian yaitu:
1) Alat yang digunakan sebagai pekerjaan mekanik.
2) Alat yang digunakan keperluan pekerjaan pengukuran (elektrik).
d. Tugas
1. Buatlah diagram blok pesawat penerima sistem AM/band MW dengan dilengkapi bentuk sinyal tiap-tiap bagian.
2. Buatlah diagram blok pesawat penerima sistem FM dan dilengkapi bentuk sinyal setiap bagian.
3. Sebutkan alat yang digunakan sebagai pekerjaan mekanik, dan alat ukur /instrumen yang sangat pokok didalam pekerjaan perbaikan/reparasi.
Lembar kerja ini berisi langkah-langkah praktek bagaimana mengetahui gejala kerusakan dengan mengoperasikan tombol kontrol pada pesawat radio Tape Recorder. Jika Anda dapat melakukan langkah-langkah kerja dengan benar, serta mengamati dengan teliti maka Anda akan memiliki kemampuan untuk menyimpulkan jenis-jenis kerusakan dengan bantuan mengopersikan tombol kontrol dari tape recorder.
Satu hal yang perlu diingat, utamakan keselamatan diri Anda dan keselamatan alat. Baca kembali persiapan awal yang ada pada modul ini. Konsultasikan selalu dengan guru apa-apa yang belum Anda fahami dengan benar.
A. Alat dan bahan
1. Pesawat Radio Tape Recorder (mini compo)
2. Buku manual petunjuk penggunaan pesawat elektronika.
B. Langkah kerja
1. Buatlah kelompok belajar (empat orang atau lebih dalam satu kelompok, Kemudian buat diskusi untuk memahami tombol kontrol volume, tombol power, dan tombol pengatur pencari gelombang).
2. Buatlah tabel, Catatlah gejala kerusakan yang terdapat dari setiap tombol kontrol.
3. Buat ringkasan pemahaman setiap jenis kerusakan pada pesawat radio tape recorder.
4. Buat penjelasan singkat terhadap hubungan tombol kontrol terhadap rangkaian yng menjadi bagiannya.
5. Selamat bekerja, semoga berhasil.
C. Kesimpulan
Tulislah kesimpulan dari apa yang telah Anda lakukan berdasar lembar kerja.
D. Saran
Jika dianggap perlu, tulislah saran-saran yang berkaitan dengan pekerjaan yang telah Anda lakukan berdasarkan petunjuk dari lembar kerja.
Jumat, 11 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus